Saturday, April 9, 2016

Melasti

Bali memiliki berbagai budaya keagamaan yang unik dan tentunya menjadi daya tarik pariwisata. Menjadi obyek para pencinta seni fotografi baik yang amatir maupun profesional. Tidak jarang perhelatan keagamaan ini menjadi nilai komersial bagi para pencinta seni fotografi.


Salah satu perhelatan keagamaan yang menjadi daya tarik tersendiri adalah upacara melasti atau mekiis. Upacara ini merupakan rankgaian dari penyambutan hari raya Nyepi yang jatuhnya sekitar bulan Maret. 
Upacara melasti biasanya dilaksanakan di sumber mata air terdekat ataupun dipantai. Sumber mata air yang dipilih sudah tentu mata air yang sudah disakralkan atau disebut Beji. Rangkaian prosesi ini merupakan acara pembersihan/menyucikan segala bentuk arca dan pratima yang merupakan simbol simbol Tuhan dalam berbagai manifestasinya.

Biasanya dilaksanakan sekitar 15 hari sampai 3 hari menjelang hari Nyepi. Namun tidak jarang juga yangk melakukan setelah Nyepi. Hal ini mengacu pada kesepakatan atau disebut dresta masing masing desa adat.

0 comments:

Post a Comment