Sunday, April 10, 2016

Nyuh Kuning, Desa Wisata Dunia

Untuk menjadi perhatian dan terkenal di dunia tidaklah sulit bagi sebuah desa kecil di kawasan Ubud ini. Desa ini bernama Banjar Nyuh Kuning, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Kesadaran masyarakatnya untuk
menjaga kebersihan dan memelihara ruang hijau pada lingkungan telah memberikan nilai tersendiri bagi kehidupannya.
Hampir setiap rumah penduduk digunakan sebagai penginapan bagi wisatawan. Menginap dirumah penduduk memiliki daya tarik tersendiri. Wisatawan dapatu berinteraksi langsung dengan penduduk dan belajar memahami budaya, seni dan tradisi masyarakat Bali.
Secara ekonomis, wisatawan juga dapat menghemat biaya sewa penginapan. Jika dibandingkan dengan menginap dihotel mereka bisa berhemat sekitar 80%. Tenaga kerja yang terserap juga sangat intensif. Pemilik rumah juga bisa menjadi pemandu wisata(guide). Sektor usaha lainnya juga tumbuh, seperti jasa laundry, rental sepeda motor dan mobil, spa, rumah makan dan lain lainnya.
Konsep Tri Hita karana (tiga hubungan yang harus dijaga) menjadi acuan dalam menjalani kehidupan. Selalu ingat dengan Sang Pencipta (Parhyangan), menjaga hubungan dengan masyarakat(pawongan), hidup selaras dengan alam (palemahan).


0 comments:

Post a Comment